goziancare

Kepedulian untuk Dunia dan Akhirat

Pesantren Wirausaha Bina Insan Kamil

Program Qurban
Pesantren Wirausaha Bina Insan Kamil

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Dalam upaya turut memberdayakan masyarakat miskin di desa, sejak tahun 2005, Pesantren Wirausaha Bina Insan Kamil Jakarta Alhamdulillah telah menggerakkan program SATU BANTU SATU (SABANSA). Yaitu, satu orang atau satu keluarga yang Allah anugerahkan kelebihan rizki membantu satu orang atau satu keluarga di desa yang tergolong dhuafa. Atau sebuah perusahaan/institusi di kota besar membantu satu kampung di pedesaan yang tergolong tertinggal.
Adapun Program yang telah dan sedang berlangsung ialah:

  1. Penggemukan sapi dan pengembang-biakkan kambing di beberapa desa miskin di Garut dan Sumedang, untuk dijual saat Idul Qurban. Hal ini karena faktor keterampilan beternak dan faktor daya dukung lingkungan memang tersedia di daerah tersebut.
  2. Penyaluran Zakat berupa 1 ekor sapi tiap KK. Sebagian dana Zakat, Infaq dan Sedekah yang diamanahkan kepada Pesantren disalurkan kepada petani miskin di Garut dan Sumedang berupa bibit sapi untuk digemukkan atau paket kambing untuk dikembang-biakkan yang hasilnya sepenuhnya menjadi milik petani.
  3. Penyaluran 3-4 ekor sapi tiap KK untuk digemukkan dengan pola bagi hasil sehingga diharapkan di akhir musim petani dapat membeli 1-2 ekor bibit sapi sendiri . Dengan demikian: (1) Petani mendapatkan penambahan pendapatan yang signifikan dan (2) orang desa tidak lagi harus datang ke kota untuk mengadu nasib, tapi cukup bekerja di desanya sendiri untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

Dalam kaitan ini, kami menawarkan KERJASAMA kepada Bapak-Ibu berupa:

  1. Penyediaan hewan Qurban
  2. Bagi Berkah Qurban (BABERQU) untuk dibagikan di daerah miskin pedesaan.

 

Kelebihan dan Manfaat ber-Qurban Bersama
Pesantren Wirausaha Bina Insan Kamil
Bila Bapak-Ibu berqurban atau membeli hewan qurban melalui Pesantren Wirausaha Bina
Insan Kamil maka Bapak-Ibu insya Allah akan menikmati beberapa manfaat sekaligus, yaitu:

  1. Mendapat hewan qurban (sapi, kambing dan domba) organik Sebab hewan Qurban Pesantren digemukkan para mitra peternak dengan pakan hijauan alamiah seperti rumput hijau segar, aneka daunan yang dikenal kaya nutrisi, jerami padi, kulit jagung, dan pakan tambahan bekatul dan singkong. Ini menghasilkan daging yang citarasa dan kepadatannya lebih baik dibanding ternak yang digemukkan dengan konsentrat seperti yang dilakukan perusahaan penggemukan sapi skala besar. Penggemukan dengan pakan organik ini secara alamiah memang berlangsung lebih lama dan jauh lebih banyak menguras tenaga dan keseharian peternak kecil.
  2. Turut menolong perbaikan pendapatan peternak tradisional di kampung-kampung Karena hewan qurban Pesantren Wirausaha Bina Insan Kamil digemukkan oleh 30 keluarga yang tersebar di sejumlah desa di Garut dan Sumedang. Dengan perkiraan setiap keluarga beranggotakan 5 orang maka Qurban Anda akan berdampak langsung pada kesejahteraan 150 orang di desa.
  3. Kemudahan dan kepuasan. Karena hewan qurban memenuhi ketentuan syar’i.
  4.  Turut mendukung ikhtiar Pesantren dalam menghimpun dana untuk membiayai kegiatan dakwah, pendidikan dan sosialnya. Apabila Bapak-Ibu ingin melihat langsung hewan qurban di tempat penggemukannya, kami akan memfasilitasinya.

Tentang Pesantren

Pesantren dipimpin oleh ustaz M.Zainal Muttaqin. Dikenal antara lain sebagai pendiri dan pemred majalah SABILI. Ia berpendirian lembaga dakwah yang baik adalah lembaga yang mampu mandiri dan bergerak nyata bagi pemecahan masalah di tengah masyarakat.
Memberdayakan ekonomi orang kecil dan menyuarakan ajaran dan prinsip kesalehan sosial Islam adalah pusat perhatiannya dan Pesantren.

Penutup
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”, demikian sabda Nabi Muhammad saw. Semoga kita termasuk orang-orang yang bertekad dan berusaha memberi manfaat terbaik kepada orang lain sehingga Allah SWT mencatat kita sebagai hambahambaNya yang terbaik. Amin.

1 comments on “Pesantren Wirausaha Bina Insan Kamil

  1. Mr WordPress
    Agustus 9, 2012

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan komentar

Information

This entry was posted on Agustus 9, 2012 by .

Navigasi